Penyakit Gatal Tidak Sama Obatnya

Seorang teman datang ke Apotek. Dia mengeluh, punggung tangannya gatal, setelah dikasih obat kulitnya jadi menghitam dan gatalnya tidak hilang. Ketika saya tanya, dikasih obat apa? Ternyata obat yang dipakai adalah merk X, obat untuk penyakit jamur. Padahal ketika saya lihat, gatalnya itu bukan karena jamur tetapi radang atau lebih dikenal dengan istilah dermatitis. Kemudian saya sarankan untuk memakai krim yang isinya anti radang (betametason, hidrokortison, desoksimetason, dll). Setelah satu minggu berselang teman saya itu kembali ke Apotek, ternyata gatalnya berkurang dan berniat membeli lagi krim tersebut.

Penyakit gatal di kulit biasanya disebabkan beberapa hal, bisa karena jamur (panu, kadas, kurap, kutu air), bisa radang karena alergi, radang yang disertai infeksi, infeksi tunggal, ruam, dan masih banyak lagi. Penyakit yang saya sebutkan diatas tentunya berbeda-beda penanganannya.

Obat X yang digunakan untuk gatal karena jamur, tidak bisa digunakan untuk gatal yang disebabkan radang, malah kadang jadi memperparah kondisi. Dengan menggunakan obat yang tepat, gatal di kulit akan sembuh dan dana yang kita keluarkan bisa lebih ringan.

Saran saya, ketika anda akan memilih obat gatal, datang ke Apotek (tentunya yang Apotekernya stand-by J) atau ke dokter, kemudian ceritakan kondisi anda, nanti Apoteker atau Dokter akan menyarankan obat apa yang dipakai.

Salam,

15 Responses to Penyakit Gatal Tidak Sama Obatnya

  1. erd says:

    saya hanya sedikit menambahkan, kalau gatal sudah sampai hitam, bisa juga kita berikan salep yang berisi anti alergi dan anti jamur, jadi didalam satu tube sudah ada kandungan anti bakteri dan anti alergi(radang tadi), sebagai contoh betason-N dan Chloramfecort. Sebenarnya Radang itu akibat dari alergi, jadi alergi bukanlah penyebab radang. karena terjadinya alergi sehingga timbul radang seperti bengkak, kemerahan dll.

  2. zakya says:

    assalamualaikum
    saya juga punya penyakit kulit yang sering datang hampir sebulan sekali.
    biasanya ada bentol-bentol kecil,di dalamnya ada cairan bening,dan jika digaruk maka airnya akan menular ke kulit yang lainyya dan akan tumbuh bentolan lain yang gatal dan kadang berwarna merah.
    itu alergi apa biang keringat apa kuman ya?
    trus obatnya pa?

  3. Die says:

    Maaf sy mw tny knp y gtl2 dkaki sy g smbuh2.Dah 2th lbh,brkali2 brobt kdokter tp sm j stlh hbs obtny kumat lg.Dokter hny memberi obt yg sm trs mecola,lameson dll.Salepny ecolon.DokterY blg ni alergi.Tp g th pnybabny.Sy sdh brusha sgl mcm obt tp te2p j g da prbhn.Bolak-lik kdokter.Ke apotek,obt tradiosional.Sy jg bingung knp g smbh2.Tp kq knp y gtlny brubh jd hitam?Sy mw tny bagaiman pnymbhnY dan apa obtY biar luka hitam td hlg kmbl spt smula.Mksh

  4. umma says says:

    assamualaikum
    saya menderita penyakitkulit di kaki saya awalnya it bintik2 merah terus gatal udah gtu saya garuk2 terus penyakit itu menjalar.gimna y cara menanganinya???? saya sudah mencoba berbagai obat dan sdah sering ke dokter tpi tak ada hasil saya juga sudah mencoba berbagai salep tpi tdk sembuh2 malah kulit saya menjadi hitam.tolong bantu saya……..

  5. Egis says:

    askum… sye seorang plajar ting 2… sye tlah dijangkiti penyakit yg biase disebut ” semut potter “. bagaimanakah cara nk menyembuhkannya…?????

  6. Rini says:

    sudah 1 bln ini saya belum sembuh karena menderita gatal pada selangkangan,lipatan antara bokong dan sedikit pada bibir kemaluan. sudah berobat kata dokter akibat jamur sehingga terjadi iritasi pada kulit. obat apalagi yang harus sya pakai agar sembuh total( waktu berobat saya dikasih dokter ramuan salep dan talk yang bernama mycorine)

  7. anang widiantoro says:

    assalamualaikum,, saya menderita penyakit gatal di karenakan suhu yang panas,,, jika di garuk akan memerah,, dan menjadi bentol-bentol….
    saya mohon petunjuk obat apa aja yang sebaik nya saya minum? terima kasih.

  8. Andi Parma says:

    Assalamu Alaikum Wr Wb.
    Sejak beberapan bulan akhir-akhir ini ( belum setahun ) kelamin sering terasa gatal kalau digarut rasanya enak sekali namun nampak dikulit kelamin tidak ada apa-apa artinya tidak ada bercak dsb.
    Mohon petunjuk obat apa yg cocok.
    Terima kasih, Wassalam.

  9. Aga says:

    Assalamu’alaikum.!
    Langsung saja saya juga menderita gatal” pertama terdapat pada tangan dan menimbulkan bentol” merah didalamx terdapat cairan bening jika digaruk biasan cairanx keluar dan malah bisa menular kebagian tubuh yg lainx dan yg lebih parahx lagi ada jga yg ada dikemaluan dan lipatan pantat dan kulit buah zakar saya dan rasnx gatal.!
    Yg saya tanyakan penyakit apakah yg saya derita.?
    Dan bagaimana cara penangananx/pengobatanx.?
    Saya pertama karena tertular teman karena teman saya juga menderita penyakit yg sama.!

  10. Gaptek says:

    Gaptek…

    […]Penyakit Gatal Tidak Sama Obatnya « Berbuat Sepenuh Hati[…]…

  11. alin says:

    ass . sy alin
    lansung za sy punya keluhan gatal 2 pd kulit testis dlu pern brobat ke docter kata.a jamur & dkasi obat dh sembuh . pi beberapa bulan gatel 2 muncul lagi namun ad muncul bintil 2 lembut dpencet gak seperti jerawat pi sya coba minum obat yg sm cetrizen & salep ketokonazol pi dah semingg lum ad perkembangan mohon saran ap ya obat.a
    thank to balasan.a

Leave a Reply

