Mahasiswa Farmasi Unsoed Magang Kewirausahaan di Apotek

Sejak Senin, 21 Juli 2008  terdapat beberapa mahasiswa Farmasi  Unsoed Purwokerto melakukan magang kewirausahaan di Apotek Samara. Magang ini dilakukan sebagai salah satu bentuk pengabdian masyarakat dan mengenalkan pembentukan karakter enterpreneurship pada mahasiswa-mahasiswa Farmasi Unsoed.

Pada kegiatan ini, mahasiswa dikenalkan secara langsung bagaimana praktek menghadapi konsumen, mengetahui secara langsung bagaimana pengelolaan apotek dengan mengedepankan pharmaceutical care.

Nilai-nilai kewirausahaan dapat diambil banyak oleh mahasiswa peserta magang…mahasiswa menjadi tahu bagaimana perilaku konsumen, mahasiswa menjadi tahu bagaimana prospek dan peluang usaha perapotekan di masa mendatang…dan yang lebih penting lagi, mahasiswa dapat mempunyai gambaran bahwa seandainya para Farmasis/Apoteker yakin dengan kemampuannya, akan mampu mandiri dalam menghadapi ketatnya lapangan pekerjaan…Farmasis dapat survive dan bertahan bahkan sukses dengan mengelola apotek sendiri.

Kegiataninidinamakan magang Kewirausahaan mengingat aktivitas ini dilakukan ketika mahasiswa tersebut masih tercatat dalam program studi S1, pada program profesi Apoteker kegiatan serupa akan dilakukan kembali…lebih formal dan lebih ke arah keprofesian.

14 Responses to Mahasiswa Farmasi Unsoed Magang Kewirausahaan di Apotek

  1. hendra says:

    akhirnya bisa masuk juga ke blognya bapak tadi susah banget apa warnetnya yang lemot y he…….
    wah g terlalu kelihatan pak wajah saya pak he…he…narsis
    saya merasakan bahwa apa yang kita dapat dikampus harus latihan dipraktekan supaya g lupa n g grogi ngadepin konsumen,percuma aja kalo KWU dah dapet A tapi g bisa mengambil hikmah n mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,LIO juga harusnya juga bisa dipraktekin tapi perlu latihan c…
    saya mohon bimbingan bapak selama di apotek bapak maupun setelah g di apotek bapak.Makasih……
    buat temen2 farmasi UNSOED mari kita ramai2 aplikasikan semua ilmu kita…..

  2. dhadhang says:

    Hendra, ntar difoto lagi pas kamu ngasih informasi obat ke konsumen ya…kita setting sehingga wajahmu bisa bener-bener kelihatan…:D

    Sepakat sama Hendra, kalahnya Farmasis dengan profesi-profesi kesehatan lain di Indonesia salah satu faktor penyebabnya adalah selama kuliah S1 kita dijejali dengan hal-hal yang sifatnya teoretis banget…sehingga pas lulus kita gagap banget menghadapi pasien/masyarakat/konsumen, terlebih lagi sama dokter.

    Oleh karena itu, buat teman-teman mahasiswa Farmasi Unsoed yang lain ayo kita mulai…kita tunjukkan bahwa kita juga bisa.
    Hendra baru 4 hari magang di Apotek Samar jadi belum merasakan gimana puasnya kita ketika kita bisa memberikan terapi kepada pasien…dan pasien tersebut puas…sembuh!!! Mudah-mudahan ntar-ntar Hendra dan teman-temannya dapat mengalaminya…sehingga dapat lebih menstimulasi kepuasan ketika diri kita dapat memberikan manfaat kepada sesama sesuai dengan kompetensi…sesuai dengan ilmu yang udah kita pelajari selama sekiam tahun di Farmasi Unsoed…Sukses!:)

  3. dewa says:

    Alhamdullilah akhirnya ketemu juga blog bapak..
    gimana kabar pak? keluarga? Fatih tambah lucu?
    pak saya sudah kangen kebersamaan qt, waktu saya dan temen2 sering liqo bareng bapak.. oiya saya ikut magang disana juga sih boleh ga?
    sukses selalu buat bapak..

    DEWA

  4. dhadhang says:

    Alhamdulillah kabar saya dan keluarga baik-baik saja. Fatih tambah nggak mau diam, bahkan beberapa hari ini saya dapat teguran dari salah seorang ta’mir masjid belakang rumah akibat keramean Fatih ketika di masjid…ya namanya anak-anak.
    Boleh aja Wa, tetapi bukannya Dewa sekarang sudah berstatus kerja di RS Ananda…
    Ya kalo mau liqo lagi silahkan aja…insya Allah pintu rumah saya cukup terbuka lebar dalam rangka kebaikan bersama…
    Salam juga buat Dewa…

  5. cutemouse says:

    bismillah. . .

    cek, ,cek, ,cek, ,

    dah bisa masuk lum ya . . .

  6. dhadhang says:

    Rofi, udah masuk tuh…

  7. cutemouse says:

    hehe . . .
    ia dah masuk . . .

  8. nungq says:

    ASS…..
    PA KABAR PAK?
    waduh
    nungQ telat nich…baru tau da blog nya bapak. he2x. maklum lah pak lagi males ngenet jadinya kurang informasi banget…..
    gimana kabar keluarga? fatih terutama….pasti tambah lucu….
    nungQ seneng banget dengan adanya blog bapak, setidaknya blog ini bisa jadi ajang silahturahmi….kan ga harus lewat sms or ketemu aza kan….

  9. dhadhang says:

    Wa’alaikum salam wr. wb.
    Alhamdulillah kabar kami sekeluarga baik. Fatih tambah gedhe, tambah banyak ingin tahunya…
    Yup, blog ini bisa jadi ajang silaturrahim lewat dunia maya…sekaligus mengenalkan Farmasi Unsoed.
    Btw, Nungki masih part time di BK? waktunya dimanage dengan baik ya…biar belajarnya ga keteteran, biar nilainya juga tetap bagus.

    Salam,

  10. kalau saya boleh ikut magang juga tidak pak?

  11. dhadhang says:

    Boleh aja Mas…terlebih pas karyawan sedang tidak datang…

  12. she_tea says:

    asLmkm…

    wuah mw dunk pak ikutan biar fotonya nampang di bLog bpk..
    hehe…

  13. dhadhang says:

    Wa’alaikum salam…

    silakan aja kalo mau…

  14. andre says:

    AsW. Wah alhmdulilah saya bisa ikutan jaga diApotek Bpk.selain bsa nambahin pngalaman jga membantu prose menghafal nama2 obat dan fungsinya.
    Terima kasih banyak Pak…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: