Tablet Effervescent Paracetamol

Beberapa waktu lalu, kawan berkebangsaan Wales datang ke apotek. Dia mau mencarikan obat untuk istrinya yang sedang kurang enak badan…sang kawan menyebut Paracetamol sebagai “titipan” istrinya.

Ketika saya ambilkan tablet paracetamol, dia bertanya apakah tidak ada yang berbentuk effervescent? Dia bercerita bahwa istrinya kurang bisa menelan tablet/kaplet/kapsul…dia juga bercerita bahwa di UK paracetamol ada yang berbentuk effervescent.

Saya bilang, kayaknya di Indonesia belum ditemukan sediaan komersial paracetamol berbentuk effervescent. Terjadilah komunikasi beberapa saat, terus saya sodorkan beberapa produk paracetamol…akhirnya sang kawan memilih sirup paracetamol merk tertentu untuk istrinya tercinta.

Belum ditemukannya produk komersial tablet effervescent paracetamol di Indonesia sangat besar disebabkan oleh faktor ekonomi. Seperti diketahui biaya pembuatan tablet effervescent lebih mahal dibandingkan dengan biaya pembuatan tablet biasa. Tingginya biaya pembuatan tablet effervescent karena secara komposisi yang relatif lebih kompleks dan proses pembuatan yang relatif lebih panjang dibandingkan dengan tablet biasa.

Sesuai definisinya, tablet effervescen adalah tablet yang dimaksudkan untuk melarut atau terdispersi di dalam air sebelum diberikan kepada pasien. Hal ini biasanya selain mengandung bahan aktif, juga mengandung campuran asam/garam asam (sitrat, tartarat, asam malat atau asam lain yang cocok atau asam anhidrida) dan karbonat hidrogen karbonat (natrium, kalium atau logam alkali karbonat yang cocok lainnya atau hidrogen karbonat ) yang melepaskan karbondioksida ketika dicampur dengan air.

Untuk kasus tablet effervescent paracetamol, selain faktor effervescent-nya sendiri, faktor paracetamol juga menjadi catatan khusus. Berdasarkan karakteristiknya, paracetamol sebagai zat aktif memiliki kelarutan yang relatif kecil di dalam air…hal ini memerlukan penanganan khusus dalam formulasinya.

Mudah-mudah ke depan, bisa ditemukan tablet effervescent paracetamol dengan harga terjangkau di Indonesia.

8 Responses to Tablet Effervescent Paracetamol

  1. Dosi says:

    ditunggu.. mudah2an dari kalangan akademisi kita bisa jadi pioneernya..🙂

  2. dhadhang says:

    Sip Bung Dosi…nuhun

  3. cahyo says:

    tenang mas gw lagi riset..
    doain ya

  4. felici says:

    pak tau standar mutu effervescent gak ??
    klo tau tlong jwb ya …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: