Kesiapan Herbal Indonesia Menghadapi Herbal China???

Belakangan ini obat tradisional/herbal semakin nge-trend penggunaannya di masyarakat, terutama sebagai alternatif pengobatan penyakit kronis…mengingat semakin beragamnya penyakit akibat modernisasi & globalisasi.

Hal ini juga menyebabkan ‘menjamurnya’ industri obat tradisional berskala kecil. Sayangnya, produk yang dihasilkan cenderung sama sehingga yang terjadi adalah ‘pertempuran’ harga yang kurang sehat…kemungkinan besar yang dilihat oleh para “pemain” herbal tersebut adalah bisnis semata-mata yang kurang berpikir ke depan.

Produk-produk herbal yang diproduksi oleh para “pemain” Indonesia kebanyakan “me too” dari sisi formula, miskin dari sisi teknologi proses pembuatan…yang kelihatan hanya perang kemasan dan label. Sementara itu, riset dan pengembangan terhadap kualitas produk secara umum sangat minim dilakukan…hasilnya perlahan-lahan produk herbal kita “dikikis” oleh produk impor buatan China.

Produk herbal kita dari sisi khasiat, kebanyakan bersifat promotif dan preventif terhadap suatu penyakit. Sedangkan produk herbal China sudah banyak yang ditujukan untuk penyembuhan suatu penyakit yang benar-benar kronis (kuratif).

Produk herbal China sudah bisa kita dapatkan pada publikasi beberapa jurnal berbahasa Inggris…yang menunjukkan betapa produk herbal tersebut sudah disertai dengan riset ilmiah.

Kalau produk herbal Indonesia kondisinya masih seperti sekarang, kira-kira bagaimanakah nasib industri kecil obat tradisional (IKOT) ke depan…tentunya ketika ACFTA sudah mulai diberlakukan??? Mengingat pada era itu, pasar herbal Indonesia kemungkinan besar dibanjiri dengan produk herbal China…

2 Responses to Kesiapan Herbal Indonesia Menghadapi Herbal China???

  1. Bang Aswi says:

    Masyarakat Indonesia, termasuk yang termasuk ke dalam dunia industri harus lebih kreatif lagi plus sokongan dari berbagai pihak yang insya Allah akan melancarkan jalan penyebarannya.

    • dhadhang says:

      iya Mas sepakat…menurut saya, keterlibatan pemerintah sangat dibutuhkan dalam penataan dan pengembangan pasar herbal Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: